Wong Chun Sen Usulkan Pemberian Bansos  Memakai Sistem Deposito

Wong Chun Sen Usulkan Pemberian Bansos Memakai Sistem Deposito

Share

Medan – Ayomedan.com : Anggota DPRD Medan, Wong Chun Sen Tarigan menegaskan meminta peran aktif dari kepala lingkungan dan kelurahan melakukan pendataan terhadap keluarga kurang mampu dalam menerima bantuan yang disalurkan pemerintah.

“Artinya, mereka yang didata itu haruslah orang yang kondisi  perekonomian memerlukan bantuan,” ucap Wong dalam acara Sosper No 5 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kemiskinan yang berlangsung dikawasan Jalan Pelita IV, Kelurahan Sidorame Barat2, Kecamatan Medan Perjuangan, Medan, Sabtu (26/06/21), kemarin.

Masih dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, Politisi Partai PDI-P Medan ini mengusulkan, pemberian bantuan sosial memakai sistem deposito kepada warga kurang mampu atau prasejahtera.

“Deposito itu diberikan yang boleh diambil bunganya saja. Sebab kita melihat kalau bantuan berupa uang langsung habis dan tidak ada membawa perubahan angka kemiskinan yang justru semakin bertambah,” ucapnya lagi.

Selain itu upaya ini untuk mengurangi antrian panjang saat menerima bantuan, terlebih pada masa pandemi Covid19. Dimana penerima bantuan deposito diberikan buku tabungan dan kartu ATM nya, sehingga kapan dibutuh bisa diambil uangnya.

Jadi saya tambahkan lagi, peran kepala lingkungan, kelurahan dan kecamatan tidak hanya mendata saja, namun bagaimana memunculkan ide kreatif membangun perekonomian masyarakat. Seperti melaksanakan kerajinan tangan serta usaha sektor umkm lainnya, sehingga ada penghasilan yang diterima ini jauh lebih bermanfaat dan membuka lapangan pekerjaan.

Lanjut Wong, kebijakan tidak hanya ditanggung oleh pihak kecamatan akan tetapi instansi atau dinas terkait dalam pelaksanaannya. Ini sejalan dengan program sinergitas antar instansi khusus di jajaran Pemko Medan.

Disektor pelayanan kesehatan, juga telah diusulkan kepada Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution untuk memberikan layanan gratis bagi penduduk berktp medan.

“Jadi warga yang berobat tidak perlu khawatir dikenakan biaya karena sudah ditanggung pemerintah kota,” ucap Wong termasuk mengratiskan kepada anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk  mendapatkan pendidikan.

Didampingi Sekretaris Kelurahan Sidorame Barat2, Markus dan Kasi Trantib Kecamatan Medan Perjuangan Saut, Wong juga mengimbau warga, agar menaati protokol kesehatan.

Bila keluar rumah harus pakai masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan sebagai upaya mengantisipasi penularan Covid19.
(ams)


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *