Tokoh Lintas Agama Deklarasi Forkolimat di Taman Makam Pahlawan Medan

Tokoh Lintas Agama Deklarasi Forkolimat di Taman Makam Pahlawan Medan

Share

Medan – Ayomedan.com: Tokoh lintas agama Sumatera Utara mendeklarasikan Forum Komunikasi Lintas Umat (Forkolimat) di Taman Makam Pahlawan Medan, Sabtu (21/8/2021).

Deklarasi ini dihadiri puluhan tokoh lintas agama, baik yang mewakili agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha dan Konghucu. Acara yang berlangsung sederhana itu, dirangkai dengan tabur bunga ke pusara para pahlawan.

Ketua Umum Forkolimat Sumut, Burhanuddin SE mengatakan, forum ini lahir dari keprihatinan atas munculnya isu-isu SARA. yang dikhawatirkan dapat menimbulkan gesekan-gesekan dan perpecahan di antara umat beragama.

“Pendeklarasi ini juga didasari oleh keinginan kuat tokih-tokoh lintas agama dan lintas umat yang ingin merekatkan kembali persatuan antar agama dan antar umat.
Melalui Forkolimat ini,” ucap Burhanuddin.

Kita menginginkan agar antar umat agama yang satu tidak alergi dengan umat agama yaang lain. Melalui forum ini diharapkan umat tidak lagi tersekat-sekat oleh agama.

Jadi sejak pendeklarasian hari ini kita akan menularkan persatuan dan kesatuan antar agama ke seluruh Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga kita tidak lagi tersekat-sekat oleh pemisahan agama,” sebutnya.

Selain itu, tambahnya, melalui forum Forkolimat ini, berharap umat tidak bisa lagi diprovokasi dengan isu-isu SARA, karena kemerdekaan RI adalah hasil perjuangan seluruh umat beragama, baik Islam, Kristen, Hindu dan Buddha.

“Kemerdekaan RI bukan hadiah dari penjajah, tapi perjuangan para pahlawan kita dari berbagai agama. Itulah mengapa deklarasi ini kita laksanakan di Taman Makam Pahlawan Medan ini,” tandas Burhanuddin.

Untuk itu, mulai hari ini dirinya mengajak tokoh-tokoh lintas agama untuk menanamkan pemahaman bahwa mencintai dan mempertahankan persatuan bangsa ini adalah sebagian dari iman.

“Inilah tugas dari tokoh-tokoh agama yang tergabung dalam Forkolimat yaitu untuk mengajak seluruh umat memberikan pemahaman bahwa mencintai dan menjaga persatuan merupakan bagian dari iman,” imbau Burhanuddin.

Sementara itu Sekretaris Umum Forkolimat Pdt Jhonny Saragih STh menambahkan, forum ini dibentuk untuk mempersatukan kembali seluruh komponen bangsa tanpa melihat melihat latar belakang agama dan kepercayaan, sehingga persatuan negara ini kembali terikat kuat tanpa sekat-sekat agama.

“Melalui forum ini kita mengajak seluruh umat untuk menjaga kebersamaan tanpa melihat perbedaan-perbedaan antar agama, sehingga persatuan dan kesatuan akan terikat kuat. Jika persatuan sudah terwujud, maka Indonesia menjadi negara yang kuat, damai sejahtera akan tercipta di tengah-tengah kita,” ujarnya.

Acara deklarasi diawali dengan hening cipta, acara sambutan oleh Ketua Umum Forkolimat oleh Ketua Umum Burhanuddin, SE, pembacaan oleh tokoh lintas agama baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Hindu dan Konghucu serta penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan dan mempertahankan Kemerdekaan RI.
Acara ditutup dengan tabur bunga ke pusara para pahlawan.
Hadir pada acara deklarasi itu Ketua Umum Forkolimat Burhanuddin, SE, Sekretaris Umum Pdt Jhonny Saragih STh dan tokoh-tokoh lintas agama lainnya seperi DR.Eben Siagian. (ams)


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *