Bobby Nasution: Pemko Medan Pasar Bagi UMKM

Bobby Nasution: Pemko Medan Pasar Bagi UMKM

Share



Medan – Ayomedan.com : Pandemi Covid-19 bukan saja menyerang kesehatan, namun juga sektor perekonomian. Pelaku UMKM pun terpukul akibat kebijakan pembatasan kegiatan. Menyikapi itu, Pemko Medan membuka diri untuk menjadi pasar bagi UMKM.

Hal ini disebutkan Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, saat menjadi narasumber dalam dialog publik yang dihelat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Sumut, Sabtu (19/6/2021) di aula LPMP Sumut. 

Hadir dalam kegiatan itu, Koordinator Pusat BEM Nusantara, Dimas Prayoga, Ketua KNPI Sumut, Samsir Pohan, dan segenap pengurus BEM Nusantara se-Sumut dan pimpinan organisasi kemahasiswaan.

Pada diskusi yang bertema ‘Peran Mahasiswa Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi dan Ketahanan Pangan serta Kondusivitas Sosial di Tengah Pandemi Covid-19’ itu, Bobby Nasution mengatakan, saat ini Pemko Medan telah mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan belanja makan minum di kecamatan dan kelurahan diadakan dengan melibatkan UMKM setempat.

“Saat ini, kita tidak bisa hanya memberikan bantuan modal maupun pembekalan. Yang dibutuhkan para pelaku UMKM adalah pasar. Produknya dibeli. Karena itu, Pemko Medan membuka diri untuk menjadi pasar UMKM,” kata Bobby Nasution dalam diskusi tersebut.

Kota Medan, tambah Bobby Nasution, kaya dengan etnik dan budaya. Begitu juga dengan kulinernya. Untuk menjaga dan merawat kekayaan budaya itu, pihak kelurahan maupun kecamatan juga akan memprioritaskan pelaku UMKM di wilayahnya yang memproduksi kuliner khas Sumut.

Terkait dengan peran mahasiswa dalam situasi ini, Bobby Nasution mengatakan, mahasiswa dapat membantu pelaku UMKM agar akrab dengan teknologi komunikasi dan menerapkan digitalisasi.

Bobby Nasution menyebutkan, pandemi telah membuat masyarakat mau tidak mau berurusan dengan teknologi komunikasi. Harus ada hikmah dan nilai yang bisa dipetik dari situasi ini. Artinya, pelaku UMKM juga harus dapat beradaptasi dan mengambil manfaat dari situasi ini.

Selain itu, lanjut Bobby Nasution, para pelaku UMKM pun harus bisa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Dengan demikian, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan pemulihan perekonomian dalam berjalan dengan baik.

Sebelum menjadi narasumber dalam diskusi publik itu, Bobby Nasution juga ikut menyaksikan dan memberikan sambutan dalam Pengukuhan Korda BEM Nusantara Sumut yang diketuai Yusuf Elpa Sagala tersebut. “Saya berharap BEM Sumut ikut berperan dalam mendukung perekonomian dan menjaga kondusivitas sosial di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini,” pungkasnya. (ams)


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *