Bersihkan Parit dan Sampah, Kepala Desa Purwodadi Ajak Perengkat Desa Gotong Royong

Bersihkan Parit dan Sampah, Kepala Desa Purwodadi Ajak Perengkat Desa Gotong Royong

Share

.

Sunggal, Deliserdang – Ayomedan com : Untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari penyumbatan parit atau selokan diseputaran Kantor Desa dari sampah, Kepala Desa Purwodadi H.Lasidi mengajak seluruh perangkat desa dan 6 orang Mahasiswa dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang sedang KKN, untuk ikut bergotong royong.

“Tadinya kegiatan Jum’at bersih ini kita fokuskan disekitar Dusun 3 kantor desa. Tapi lokasi gotong royong nya melebar agak jauh ke Dusun 4 jalan Pelita. Karena kita temukan banyak sampah yang menumpuk dan tingginya rumput dipinggiran paritnya,” kata Lasidi pada wartawan usai gotong royong, Jum’at (6/8/2021).

Selain gotong royong, sambung Lasidi, untuk mengatasi permasalahan sampah di Desa Purwodadi memanfaatkan jasa petugas sampah yang berasal dari masyarakat.

“Kita berdayakan masyarakat yang mau mengangkat sampah di tempat tinggal masing-masing, seminggu dua kali. Dan atas jasa mereka itu, kita memberikan imbalan 25 ribu perbulannya. Dengan menggunakan dana yang berasal dari swadaya aparatur desa,” jelasnya.

Sebagai Kepala Desa, lanjutnya lagi, dirinya berharap kedepannya, orang-orang yang membuang sampah sembarang bisa menyadari perbuatannya yang sudah melanggar hukum dan merugikan orang lain.

“Karena menurut saya, permasalahan sampah ini tanggung jawab kita bersama. Bukan tanggung jawab pemerintah Desa ataupun Kecamatan. Untuk itu kita himbau agar ada kesadaran dari masyarakat untuk hidup sehat, terutama dimasa pendemi covid 19 saat ini,” tandas nya. (ams)


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *