Notification

×

Iklan


Iklan




Ratusan Masyarakat Dusun I Desa Paya Geli Antusias Hadiri Acara 'Punggahan' di Mesjid Ar-Rohani

Minggu, 10 Maret 2024 Last Updated 2024-03-10T16:43:32Z



AyoMedan.Com - Sunggal, Hal yang lazim seperti dilakukan umat muslim pada umumnya, juga dilakukan ratusan masyarakat Dusun I Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal, yang melaksanakan tradisi 'Punggahan' di Mesjid Ar-Rohani, Minggu (10/03/2024) malam ba'da sholat Isya.




Diketahui, punggahan merupakan salah satu ujud rasa syukur umat muslim yang masih diberi kesempatan oleh Allah SWT, untuk menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan 1445H. Acara tersebut setiap tahunnya digelar, untuk meningkatkan silaturahmi antar masyarakat Dusun I melalui makan bersama.


Membuka acara, mewakili panitia pelaksana kegiatan, Amsari dalam kesempatan ini mengatakan, tradisi punggahan sudah dilakukan secara rutin setiap tahunnya menjelang bulan Ramadhan. "Seperti biasa, kita guyub membawa nasi masing-masing untuk di santap bersama,” ujarnya singkat.




Sementara itu, Ketua BKM Mesjid Ar-Rohani, Al-Ustadz H.Marasonang Siregar S.Pd.I (foto) dalam kesempatan ini mengucapkan, Marhaban ya Ramadhan kepada seluruh umat muslim terkhusus bagi masyarakat Dusun I Desa Paya Geli.


“Selamat menyambut bulan suci Ramadhan, semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa tahun ini sesuai yang kita harapkan,” katanya.


Selain itu, Ustadz Marasonang juga memberikan ceramah singkat. Dalam ceramahnya, dia menyampaikan kondisi terkini Mesjid Ar-Rohani.


"Mesjid kita ini (Ar-Rohani-red), setiap bulan Ramadhan selalu memerlukan sumbangsih dan sedakah dari donatur, serta masyarakat untuk pembiayaan operasional sholat tarawih dan lainnya," ucap Ustadz Marasonang.


Ustadz Marasonang kembali menambahkan, biaya operasional Mesjid Ar-Rohani akan meningkat dipenghujung bulan Ramadhan.


“Sebab, setiap peringatan malam 27 Ramadhan, BKM Masjid Ar-Rohani akan memberikan santunan kepada anak yatim, fakir miskin, kaum dhuafa, Bilal mayit, penggali kubur dan itu membutuhkan biaya puluhan juta rupiah," jelasnya.




Acara Punggahan ini juga dihadiri tokoh Agama, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat Dusun I.(A-Red)