Notification

×

Iklan


Iklan



Agustus 2024, BI Sumut Akan Gelar Pekan QRIS Nasional di Kampus USU

Selasa, 30 Juli 2024 Last Updated 2024-07-29T22:47:03Z



AyoMedan.com - Medan, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumut terus mendorong penggunaan pembayaran non tunai menggunakan QRIS. Kali ini, seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia akan menggelar pekan QRIS Nasional.


Dalam momen tersebut, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara akan menggelar Pekan QRIS Nasional yang dinamai Medan Digifestival 2024.


Gawean itu akan digelar pada 12 Agustus 2024 mendatang dengan acara puncak 16 Agustus sampai 18 Agustus 2024, di kampus Universitas Sumatera (USU), dengan mengusung tema “Pakai QRIS Untuk Indonesia Maju”.


Hal itu diungkapkan Deputi Kepala BI Sumut Suharman Tabrani (foto), saat kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) yang diselenggarakan BI Sumut di Gedung BI Sumut Lt 7 Medan, Senin (29/07/2024) siang.


Dalam paparannya, Suharman menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bagian dari flagship program nasional, yang diselenggarakan serentak oleh seluruh kantor perwakilan BI di daerah.


"Ini salah satu cara untuk meningkatkan awarness masyarakat, terkait dengan keuangan digital dan perlindungan konsumen," ucapnya.


Selanjutnya, sambung Suharman, strategi pencapaian target QRIS Nasional tahun 2024 yaitu 55 juta pengguna dan 2,5 volume transaksi. Dan juga, kolaborasi program bersama AKADEMISI, OJK & BMPDdalam rangka mendorong peningkatan inklusivitas dan literasi keuangan digital masyarakat.


"Terakhir adalah untuk mendorong masyarakat dalam memanfaatkan berbagai inovasi digital secara optimal, dan berkontribusi dalam penguatan ekonomi," jelasnya.


Menurut Suharman, dengan melibatkan banyak pihak termasuk Pemda, Perbankan, OJK, Asosiasi, Mahasiswa, UMKM, dan berbagai komunitas, kegiatan ini nantinya menargetkan 20 ribu pengunjung. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai event termasuk menghadirkan artis ibu kota yakni, Raisa.


“Konsep program ini membentuk eksosistem digital di dalamnya, yang mana seluruh aktivitas perlu bertransaksi menggunakan QRIS. Cukup dengan membeli tiket dengan menggunakan QRIS, pengunjung dapat berburu bazaar kuliner & craft, mengikuti berbagai perlombaan, doorprize, talkshow dan Wlworkshop, fungames, Konser Musik dan lainnya,” pungkasnya. (A-Red)