Notification

×

Iklan


Iklan




Ahmad Qosbi Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Terakhir Debarkasi Medan

Senin, 22 Juli 2024 Last Updated 2024-07-22T01:27:14Z



AyoMedan.com - Medan, Sebanyak 110 orang jamaah haji dari Kelompok Terbang (Kloter) 25 asal Kota Medan, tepat pukul 20.00 WIB, Pesawat Garuda Indonesia GA 3225 mendarat di apron Bandara Kualanamu Internasional Deli Serdang dengan selamat, Minggu (21/07/2024).


Kedatangan Kloter 25 tiba sesuai jadwal yang di rilis PPIH Debarkasi Medan dan pihak maskapai Garuda Indonesia. Selanjutnya seluruh jamaah haji Kloter 25 bergerak menuju asrama haji Pangkalan Mansyur, dan tiba tepat pukul 21.30 WIB, seterusnya di lakukan prosesi pemulangan jamaah, dari panitia PPIH Debarkasi Medan kepada pihak keluarga.


Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatera Utara H Ahmad Qosbi, SAg, MM dalam sambutannya kembali mengingatkan agar seluruh jamaah haji menjaga nilai kesucian ibadah dan hindari hal-hal yang merusak kesucian tersebut.


"Ibadah haji yang melelahkan ini, haruslah dijaga kesucian dari hal-hal yang bisa merusaknya, sebab rangkaian ibadah haji yang sarat dengan nilai-nilai kebaikan dan jaminan pengampunan dosa, dapat dilihat dari perilaku kita saat berada dilingkungan dimana kita tinggal,” kata H Ahmad Qosbi.


Sebab, lanjut Kakanwil Kementrian Agama Sumatera Utara ini, untuk berangkat melaksanakan rukun Islam kelima harus menunggu antrian panjang.


"Jika bapak ibu haji dan hajjah yang ingin kembali berhaji lagi, maka tunggulah 30 tahun lagi, dikarenakan panjangnya antrian ini, maka kami mengingatkan jagalah kesucian haji ini, Insya Allah predikat haji dan hajjah mabrur dan mabruroh dapat dipertahankan,” ucapnya.


Sementara itu, Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Kementrian Agama RI Dr Djaja Djalaini, MA, mengatakan bahwa jamaah haji sudah menyelesaikan perjalanan haji dengan baik, ada tampak wajah kerinduan berjumpa dengan keluarga.


"Lewat forum yang mulai ini saya sampaikan salam Menteri Agama RI dan permohonan maaf atas layanan selama pelaksanaan haji, baik saat berangkat maupun kembali ke tanah air, jika ada hal yang kurang mohon di maafkan,” tutur Direktur Umroh dan Haji Khusus ini.


Tidak lupa di sampaikan, PPIH Sumatera Utara sangat luar biasa, dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah.


"PPIH Sumatera Utara luar biasa dalam memberikan layanan kepada jamaah haji, termasuk layanan bagi para lansia dan jamaah berkebutuhan khusus,” imbuhnya.


Kemudian diingatkan kepada para jamaah haji, agar merawat kemabruran haji yaitu dengan sholat tepat waktu, karena inilah nilai yang didapat dari perjalanan haji tersebut.


"Menjaga sholat sesuai waktu dan berjamaah harus tetap dilakukan dan doa yang dipanjatkan saat di tanah suci merupakan keseriusan dalam menjaga kesucian haji ini,” pintanya.


Hadir dalam penyambutan jamaah haji Kloter 25 itu diantaranya, Kepala Bagian Tata Usaha Kementrian Agama Sumatera Utara Drs H Muhammad Yunus, MA, Kepala Bidang Pelayanan Haji dan Umroh Dr H Zulfan Effendi, MA, Kepala Bidang Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Dr H Torang Rambe, MA, Kepala UPT Asrama Haji Medan Ramlan Sudarto, MA, Kepala Kementrian Agama Kota Medan Dr H Impun Siregar, MA dan Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementrian Agama Kota Medan H Bambang Irawan Hutasuhut, S. Ag. (A-Red)