Notification

×

Iklan


Iklan



DPRD Medan Apresiasi Wali Kota Dukung Perubahan Perda Persampahan Inisiatif Dewan

Selasa, 23 Juli 2024 Last Updated 2024-08-09T07:45:48Z



AyoMedan.com - Medan, DPRD Medan apresiasi dukungan wali kota terhadap Ranperda tentang perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang pengelolaan persampahan.  Ini nantinya menjadi acuan dalam pengelolaan persampahan menjadi lebih baik dan efektif.


"Ranperda ini diharapkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pencapaian visi-misi pembangunan Kota Medan," kata Wakil Ketua DPRD Medan, H Rajudin Sagala (foto) saat menyampaikan jawaban DPRD terhadap tanggapan kepala daerah atas perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang pengelolaan persampahan yang merupakan inisiatif DPRD Medan (Dewan), Senin (22/07/2024) di ruang paripurna.


Disampaikan Rajudin, Wali Kota Medan Bobby Nasution telah memberikan tanggapan terhadap penjelasan DPRD atas Ranperda tersebut. Wali Kota menyampaikan bahwa sampah menjadi tantangan terbesar di seluruh kota-kota besar di dunia. Karena perkembangan jumlah penduduk, pertumbuhan aktifitas ekonomi dan faktor lainnya.


Pengelolaan sampah harus dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir. Sehingga memberikan manfaat ekonomi, kesehatan dan kenyamanan lingkungan dengan sistem Reduce, Reuse dan Recycle, artinya masyarakat harus berperan aktif secara  langsung atau tidak langsung  bersama pemerintah bersinergi dalam pengelolaan sampah.


"Pemko Medan terus berupaya agar pengelolaan sampah lebih baik dan efektif. Mulai dari pengangkutan sampai mendaur ulang sampah. Mengadakan tempat sampah berupa tong berilah, tong sampah komunal yang merupakan salah satu alternatif sebagai tempat pembuangan sementara (TPS) sebeydibAa ke tempat pembuangan akhir (TPA)," ujar Rajudin


Atas dukungan dari Wali Kota, sambung Rajudin, DPRD Medan, pemko dan stakeholder terkait bersama -sama membahas Ranperda ini.


"Sehingga akan melahirkan Perda yang menjadikan instrumen dalam kebijakan Pemko Medan dalam menajemen pengelolaan persampahan. (A-Red)