Notification

×

Iklan


Iklan



Meriahkan Perhelatan PON XXI, Sutarto : Libatkan Kampus dan Mahasiswa

Selasa, 16 Juli 2024 Last Updated 2024-08-09T07:45:48Z



AyoMedan.com - Medan, Ketua DPRD Sumatera Utara, Sutarto mendorong pelibatan dunia kampus dan mahasiswa untuk meriahkan perhelatan PON XXI Sumut - Aceh.


Hal tersebut disampaikan Sutarto tatkala mengikuti Rakor persiapan PON XXI di Aula Tengku Rizal Nurdin, yang diikuti oleh jajaran Forkopimda Sumut, seluruh OPD secara offline dan para Kepala Daerah secara virtual.


"Kita harus mendorong pelibatan dunia kampus dan mahasiswa dalam memberikan sumbangsih penyelenggaraan PON XXI Sumut - Aceh.  Ajang PON ini sebagai pengembangan soft skill dan SDM di luar kampus," katanya, Senin (15/07/2024).


Menurut Sutarto yang juga didaulat sebagai Dewan Pembina Pengurus Besar (PB) PON XXI, keterlibatan mahasiswa menambah semarak penyelenggaraan PON XXI. 


Para mahasiswa juga dapat dilibatkan menjadi tenaga penghubung para tamu, maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Sumatera Utara.


"Kita harapkan menjadi brand ambassador,  tenaga LO ataupun penghubung yang imut memeriahkan pelaksanaan PON XXI ini," harapnya.


Sutarto yang berlatar belakang sebagai akademisi ini menjelaskan, Sumut sebagai tuan rumah PON XXI harus mampu memberikan pencapaian positif dari sektor infratruktur, ekonomi, SDM dan pariwisata.


"Pelibatan UMKM dan dunia usaha, juga harus didorong keterlibatannya. Kita melibatkan tenant-tenant yang memasarkan produk lokal hasil UMKM kita dan ini bisa difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM," ujarnya.


Sekretaris PDI Perjuangan itu berharap, Sumatera Utara dapat meraih prestasi yang membanggakan.


"Sembari kita mengejar progress pembangunan venue yang masih bekum selesai,  kita juga harus terus melakukan pembinaan atlet agar nantinya meraih sebanyaknya medali pada ajang PON XXI," tuturnya.


Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PB PON XXI wilayah Sumut yang juga Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni menyatakan rakor ini digelar untuk merapatkan barisan, koordinasi serta konsolidasi meliputi persiapan penyelenggaraan dan venue. Sehingga PON nantinya bisa berjalan sukses seperti yang diharapkan.


“Kita perlu mendengar kondisi yang sudah dicapai sejak awal persiapan penyelenggaraan PON. Sehingga apa saja yang diperlukan bisa dikoordinasikan dan dikonsolidasikan bersama-sama,” imbuh Fatoni.


Apalagi, sambung Pj Gubsu, dalam persiapan PON ini SK PB PON telah diperbarui dengan komposisi yang lebih kuat, melibatkan banyak pihak termasuk unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). 


“Dengan kekuatan baru ini mudah-mudahan PB PON Sumut bisa berlari lebih kencang lagi,” pungkasnya. (A-Red)