Notification

×

Iklan


Iklan



Peringati Bulan Bung Karno, Ketua DPRD Sumut Inisiasi Kompetisi Pemilihan Pelajar Pancasila 2024

Minggu, 28 Juli 2024 Last Updated 2024-08-09T07:45:48Z



AyoMedan.com - Deli Serdang, Joseph Farel Napitupulu siswa SMA N 1 Matauli Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara berhasil menjuarai kompetisi Pemilihan Pelajar Pancasila 2024, memperingati Bulan Bung Karno yang digagas oleh Ketua DPRD Sumut, Sutarto dan DPD PDIP Perjuangan Sumut di Yayasan Perguruan Dwi Tunggal Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. (26/07/2024)


"Saya bangga berada di posisi sekrang dan syukur kepada Tuhan yang masih memberikan berkat dan nafas kehidupan sehingga masih dapat beraktifitas. Dan terima kasih kepada Ketua DPRD Sumatera Utara bapak Sutarto yang telah menyelenggarakan kompetisi ini yang bertujuan para siswa menjadi room model dan tutor sebaya yang menerapkan Pancasila di dalam kehidupan bermasyarakat," ucap Joseph.


Joseph mengenang perjuangannya dari awal kunjungan ke Dinas Pendidikan Tapteng, sampai ke wilayah kecamatan Dinas Pendidikan Kota Sibolga, hingga penyusunan karya tulis ilmiahnya yang cukup panjang.


"Hal ini memotivasi saya untuk membuat program bagi teman sebaya, bagaimana cara penerapan bukan hanya tentang pelajaran di dalam kelas atau penerapan profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari hari," kata Joseph.


Menurut Joseph, karya tulis ilmiah itu mengenai Program Indonesia Pintar yang berkaitan dengan pendidikan. Itulah pentingnya program pendidikan Indonesia yang diterapkan secara baik dan ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.


"Nanti tentunya saya akan coba menyusun kegiatan selanjutnya yang akan saya lakukan, sebagai role model untuk teman sekolah dan teman - teman di seolah lain," tuturnya.


Sementara itu, Theofilus Saro Nazara dari SMAN 1 Gunung Sitoli Kota Gunung Sitoli Pulau Nias menjadi juara kedua dalam kompetisi ini merasa bangga dengan prestasi yang dia raih dan menjadi satu - satunya pelajar dari jarak terjauh dari provinsi Sumatera Utara, dan tampil sebagai pemenang hingga mengharumkan nama sekolahnya.


"Kompetisi ini menimbulkan rasa nasionalisme pada diri kami masing - masing. Pancasila itu bukan hanya sebagai doktrin nasional saja namun harus diterapkan dalam kehidupan sehari - hari," imbuh Theo.


Untuk teman - teman pelajar di Indonesia, lanjut Theo,  khususnya di Pulau Nias, untuk menjadi pelajar Pancasila tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berpegang teguh kepada sila - sila Pancasila,tetap fokus dan konsentrasi.


"Selalu mengamalkan nilai - nilai Pancasila dalam kehidupan sehari - hari, dimulai dari hal sederhana saja," pungkasnya.


Berikut nama pemenang perlombaan Pelajar Pancasila 2024;
-Juara 1 / Joseph Farel Napitupulu (SMA Matauli Pandan)

-Juara 2 / Teofilus Saro Nazara ( SMA Negeri 1 Gunung Sitoli)

-Juara 3 / Septian Zevanya Manurung (SMa Negeri 2 Lubuk Pakam)

-Juara Harapan I / Sherin Chelsia (SMA Teladan Medan)

-Juara Harapan II / Diva Eca Akadita Kaban (SMA Negeri I Matauli Pandan)

-Juara Harapan III /  Clara Immanuella Romauli Nadeak ( SMA Sultan Iskandar Muda Medan)

Finalis / Dea Riska Yumanda (SMA Dwitunggal Tanjung Morawa

Finalis /  Ummi Agra Jihan (SMA Negeri 4 Kisaran)

Finalis / Nazira Safiqa (SMA Negeri 4  Binjai)

Finalis / Welly Jaya Agung (SMA Methodist El Shadday Perbaungan). (A-Red)